14 Desember 2012

Pertanyaan dari mbak Rahmma (021) 3667xxxx
 
Salam kenal,
kenapa kursor menjadi kotak bukan crosshair pada autocad ??
Bagaimana cara merubahnya menjadi crosshair kembali ???
Apa ada yang salah saat install?
Saat install semua lancar saja..
Terima kasih


Untuk pengaturan size atau ukuran kursor atau crosshair ada pada perintah OPTIONS ataupun system variabel (SysVar).
Ketika proses instalasi kita menjalannya seperti biasa dan tentunya sampai saat ini tidak ada sebuah konfirmasi ukuran kursor ketika dalam proses setup. Untuk memudahkan ukuran-ukuran (berlaku untuk warna) pada display Crosshair, Auto snap, Aperture, Grip dan PickBox bisa di atur di kotak dialog Options, mari kita bahas satu persatu agar lebih mengenal bentuk pada display cursor bantu.

1. CROSSHAIR


Seperti kita lihat pada Picture di atas, kita bisa mengatur ukuran panjang pendek bentuk kursor / crosshair.

Command : OPTIONS
Pilih Tab Display pada kotak dialog Options kemudian dari pengaturan Crosshair Size kita tentukan besaran - besaran yang bisa di Setting. (1 - 100)

2. PICKBOX


Terkadang ketika kita akan men-seleksi / memilih objek perlu mengubah kotak pemilihan kursor agar sedikit lebih besar supaya dalam pemilihan objek bisa lebih mudah serta tidak meleset. Untuk mengatur besarkecilnya Pickbox bisa melalui perintah Options - Tab Selection (Picture di atas)

3. GRIP SIZE

Grip adalah titik bantu ketika sebuah objek dipilih (kotak biru). Grip-grip ini bisa ditarik oleh crosshair sehingga bentuk objek akan berubah sesuai tarikan yang dibentuknya. Grip ini akan hilang meski objek terpilih yaitu ketika pemilihan objek secara massal.
Dengan membuka perintah Options - Tab Selection, kita bisa menemukan pengaturan Grip Size di sebelah kanan.

4. AUTOSNAP

Pengaktifan Objek Snap / Osnap akan dilakukan jika hasil akurasi gambar ingin diciptakan. Setiap pembuatan garis atau polyline yang bersinggungan dengan ujung objek lainnya semestinya akan muncul bantuan Endpoint dari osnap. Inipun berlaku jika tampilan Osnap ingin diatur sedemikian rupa.
Dari Option pilih Tab Drafting. Mulailah mengatur besarnya Autosnap marker size.

5. APERTURE

Sama halnya dengan AutoSnap, Aperture pun bisa diatur tingkat besarannya.Aperture akan aktif apabila Autocad menjalankan perintah pembuatan objek. Pada keadaan default (standard baku settingan nilai dari Autodesk) Aperture tidak akan aktif meskipun Autocad menjalankan perintah pembuatan objek dan dari pengaturan Aperture Size sudah di besarkan, ini dikarenakan nilai dari Apbox masih sama dengan nol.
Untuk merubah nilai / parameter value dari Apbox (Aperture Box) cukup dengan menuliskan perintah ApBox.

Command: Apbox
Enter new value for APBOX <0>: 1

Sekarang Aperture croshair anda telah aktif dan siap dijalankan.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar:

  1. GAn ...Gimana Klo Kursor/Croshairnya ngga nongol yg nongol cuma tanda + kecil....itupun klo di klik dulu.....gima cara aktifin kursornya gan.....Sya masih amatir, mohon penjelasannya gan...Terimakasih

    BalasHapus