29 Juni 2012


Berawal dari system operating system windows vista yang memakai fungsi ribbon untuk software bawaannya tak ketinggalan untuk aplikasi AutoCAD pun menerapkan Ribbon dalam penyajiannya. Ada hal yang positif dari pemaikan ribbon ini dimana user bisa mengakses perintah secara cepat dan flexible. Ribbon sendiri ditata sedemikian rupa dengan memiliki bagian perintah dan sub perintah berkumpul di situ. Fungsinya hampir sama seperti pull down menu namun Ribbon memberikan fungsi yang sedikit berbeda ini dapat dilihat dari setiap pemilihan menu utama maka perintah yang dimunculkan akan berkaitan, misalnya untuk view maka ribbon akan menyajikan sederetan eksplorasi view, pandangan isometric, ucs system dan yang lainnya.
Namun pemakaian ribbon ini tidak selamanya menyenangkan pengguna AutoCAD; Anda harus terbiasa menghapal bagian shortcut perintah yang tertata di dalamnya, seorang yang terbiasapun dengan aplikasi AutoCAD dengan hadirnya Ribbon ini akan sedikit membingungkan belum lagi keberadaan / eksistensi Ribbon ini kinerja PC akan terasa berat.
Tidaklah heran apabila seorang yang Advance sekalipun akan kembali mematikan Ribbon dan kembali ke tampilan AutoCAD classic.
AutoCAD versi 2009 hingga 2013 menampilkan versi Ribbon, untuk mematikan Ribbon itu sendiri atau menghidupkan AutoCAD versi Classic bisa memilih Workspace switching...

Disebelah kanan bawah layar kerja AutoCAD akan terlihat ikon Roda gigi, Coba pilh atau click hingga sederetan opsi view akan muncul, Pilih dari opsi yang ada misalnya mengaktifkan AutoCAD Classic.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: